Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Srikayangan Kapanewon Sentolo Kabupaten Kulon Progo

Artikel

Sejarah Desa

06 Maret 2019 10:23:04  Kepala Desa TTD  16.507 Kali Dibaca 

-

  1. Sejarah Kalurahan

     Sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945, Kalurahan Srikayangan terdiri dari 3 (tiga) Kelurahan yaitu kelurahan Kaliwinong, Kelurahan Pergiwatu, Kelurahan Kradenan.

     Lurah Kaliwinong pertama kali dijabat oleh Kromo Pawiro, dan setelah beliau berusia lanjut maka jabatan Lurah dilanjutkan oleh anak menantunya yaitu Mangunwiharjo yang tidak berlangsung lama karena pergi dan tidak pernah kembali sehingga selamanya tidak dapat diketahui keberadaannya. Dalam keadaan seperti tersebut, jabatan Lurah Kaliwinong dilanjutkan oleh anak laki-laki tertua dari Lurah Kromopawiro yaitu Harjopratomo yang sebelumnya menjabat sebagai Carik Kelurahan Kaliwinong. Masa jabatannya berakhir setelah adanya penggabungan Kelurahan Srikayangan.

      Lurah Pergiwatu pertama kali dijabat oleh Surodikromo sampai dengan tahun 1928, dan tahun 1929 sampai dengan 1947 dijabat oleh Martodiyono. Pada saat adanya penggabungan 3 (tiga) Kelurahan tersebut beliau terpilih sebagai Lurah Kalurahan Srikayangan.

        Kelurahan Kradenan dulunya merupakan gabungan dari 2 (dua) Kelurahan yaitu Kelurahan Kradenan dan Kelurahan Karangasem. Lurah Kradenan waktu itu dijabat oleh Jogo Pawiro, sedangkan Lurah Karangasem dijabat oleh Jogo Wijoyo yang merupakan anak dari Lurah Jogo Pawiro. Pada tahun 1936 Lurah Jogo Wijoyo meninggal dunia, sehingga dua Kelurahan tersebut digabung menjadi satu dengan nama Kelurahan Kradenan dan jabatan Lurah dijabat oleh Jogo Pawiro. Setelah Lurah Jogo Pawiro meninggal dunia diteruskan oleh Jogo Irono selama kurang lebih tiga tahun. Waktu serlanjutnya jabatan Lurah dijabat oleh Lurah Kerto untuk beberapa saat, dan akhirnya dilanjutkan oleh Lurah Pawiro Diharjo sampai dengan adanya penggabungan tiga Kelurahan dengan nama Srikayangan pada tahun1947.

       Setelah Indonesia Merdeka selang 2 (dua) tahun yaitu pada tahun 1947 diadakan musyawarah untuk menggabungkan 3 (tiga) Kelurahan tersebut di atas dan diberi nama Tri Kayangan yang selanjutnya disempurnakan menjadi Srikayangan.Kata Sri berarti tiga atau indah atau raja atau dewi padi, sedangkan kata Kayangan merupakan kata yang diperoleh dari latar belakang adanya bulak sawah kayangan yang letaknya membujur sepanjang 3 (tiga) Kelurahan sebelum adanya penggabungan, sehingga nama Srikayangan dimaksudkan bahwa wilayah ini merupakan penghasil utama padi atau sebagai lumbung padi.Setelah penggabungan benar-benar terlaksana, maka dipilihlah jabatan Lurah, yang untuk pertama kalinya yang mendapat amanah adalah mantan Lurah Pergiwatu yaitu Martodiyono. Masa jabatan Lurah Martodiyono berakhir pada bulan September tahun 1989, dan untuk kurun waktu sampai dengan bulan September tahun 1991 tugas pemerintahan sehari-hari dilaksanakan oleh Penjabat Lurah Kalurahan Srikayangan yaitu Padmo Sumitro yang jabatan pokoknya sebagai Kepala Bagian Pemerintahan Kalurahan Srikayangan.

       Pada bulan September 1991 tersebut telah terisi Jabatan KepalaDesa Definitif melalui pemilihan langsung rakyat yang diamanahkan kepada Sumarsono, BA dengan SK Pengangkatan SK Bupati Kulon Progo Nomor 121/KPTS/PEM/1991 Tanggal 28 januari 1991, yang merupakan garis keturunan dari Lurah karangasem Jogowijoyo dan Lurah Kradenan Jogopawiro. Masa jabatan KepalaDesa tersebut berakhir pada tahun 1999 dengan SK Bupati Kulon Progo Nomor 24/KPTS/PEMDES/1999 tanggal 9 September 1999, tetapi diperpanjang sampai dengan tanggal 15 Pebruari 2000. Selanjutnya jalannya pemerintahan sehari-hari dilaksanakan oleh Penjabat KepalaDesa yaitu Drs Widodo yang juga memegang jabatan sebagai Sekretaris Kapanewon Sentolo. Pada saat itu Drs Widodo disampiri tugas khusus untuk bisa melaksanakan pemilihan Lurah baru, akan tetapi karena saat itu juga ada perubahan baru mengenai peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang Kalurahan yaitu dari UU No 5 Tahun 1979 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Daerah ke UU No.22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah sehingga tugas khusus tersebut tidak dapat dilaksanakan karena harus menunggu Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo yang mengatur tentang Pemilihan Kepala Desa.

      Kurun waktu selanjutnya yaitu tahun 2001 sampai dengan terpilihnya KepalaDesa baru pada tahun 2002 jalannya pemerintahan sehari-hari dilaksanakan oleh Penjabat Kepaladesa yaitu Sutadi yang jabatan pokoknya sebagai Carik Desa. Masa selanjutnya mulai bulan September 2002 jabatan KepalaDesa Definitif dijabat oleh Sumarsono, BA dengan SK Bupati Kulon Progo Nomor 56/KPTS/PEMDES/2002 Tanggal 14 September 2002 yang mempunyai masa jabatan berakhir sampai bulan September 2012 dengan SK Bupati Kulon Progo Nomor 313 Tahun 2012 Tanggal 23 September 2012.                   

Pada bulan September 2012 Desa Srikayangan mengadakan Pemilihan Kepala Desa  yang pada saat itu diikuti oleh 5 calon Kepala Desa diantaranya :

  1. Joko Susilo
  2. Sarjiyana
  3. Wakidi
  4. Aris Puryanto
  5. Sutaryanto

      Pada Pemilihan Kepala Desa tersebut dimenangkan oleh Saudara Aris Puryanto, dan dilantik oleh Bupati Kulon Progo yang waktuitu di wakili oleh Wabup Sutejo pada tanggal 23 September 2012. Masa jabatan Kepala Desa Aris Puryanto adalah 6 (enam) tahun dan efektif pada tanggal 23 September 2012 sampaidengan 23 September 2018.pada tanggal 23 September 2018 kepala Desa Definitif berakhir masa jabatannya dengan SK Bupati Kulon Progo Nomor 398/A/2018 tentang Pemberhentian dengan hormat saudara Aris Puryanto dari Jabatan Kepala Desa Srikayangan Tahun 2012-2018.

       Pada kurun waktu 2 (dua) bulan 10 (sepuluh) yaitu tanggal 24 September 2018 sampai dengan 02 Desember 2018 Kalurahan Srikayangan terjadi kekosongan jabatan kepala Desa, sehingga Bupati Kulon Progo menunjuk beliau Sutadi untuk menjadi Penjabat kepala Desa Srikayangan yang pada saat itu beliau Sutadi sebagai ASN Kapanewon Sentolo dengan SK Bupati Kulon Progo Nomor 399/A/2018.

       Masa Penjabat Kepala Desa Srikayangan Sutadi mulai 23 September 2018 sampai dengan 02 Desember2019

       Sebelum habis masa jabatan Kepala Desa, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melaksanakan Pemilihan Kepala Desa serentak yang diikuti oleh 20 (duapuluh) Desa se Kabupaten KulonProgo yang pelaksanaannya dimulai dari bulan Juli 2018 sampai dengan Nopember 2018, dan untuk Desa Srikayangan diikuti oleh 2 (dua) calon yaitu :

  1. Aris Puryanto
  2. Suparmi

       Dari 2 (dua) calon yang mengikuti Pilkades tersebut dimenangkan oleh Aris Puryanto.

       Saudara Aris puryanto dilantik sebagai Kepala Desa Srikayangan pada tanggal 03 Desember 2018 oleh Bupati Kulon Progo dr.H.HastoWardoyo, S.P.Og (K) di Gedung Kaca Kabupaten Kulon Progo secara serentak bersama-sama dengan Kepala Desa terpilih lainnya dari Desa yang melaksanakan Pemilihan Lurah Serentak.

       Masa Jabatan Kepala Desa Srikayangan Bapak Aris Puryanto selama 6 (enam) tahun, efektif dari tanggal 03 Desember 2018 sampai dengan 03 Desember 2024 mendatang.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Klumutan,Srikayangan,Sentolo, Kulon Progo, DIY
Kalurahan : Srikayangan
Kapanewon : Sentolo
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55664
Telepon :
Email : kalurahansrikayangan1947@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:121
    Kemarin:65
    Total Pengunjung:8.671
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.175.255
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID